ALPUKAT "MENTEGA KELUD" DARI DESA SEMPU SUDAH MULAI PANEN

ALPUKAT "MENTEGA KELUD" DARI DESA SEMPU SUDAH MULAI PANEN

Administrator 31 Januari 2017 09:32:11 WIB

SEMPU (31/1) Salah satu Potensi Buah Unggulan lain yang banyak ditanam di kawasan Desa Sempu Adalah Buah Alpukat, Jenis buah ini banyak ditemukan diwilayah Desa Sempu kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Buah Alpukat dengan label Alpukat "mentega kelud" di bulan Januari hingga april 2017 adalah saat saat mulai panen.

sebenarnya Alpukat atau Avokat atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika  dan kini banyak dibudidayakan diAmerika tengah dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah Tropika lainnya di dunia. Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. Buahnya bertipe buni, yakni memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Alpukat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf dan lambung serta saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

salah satu petani yang sukses dari hasil buah Alpukat adalah Imam Lestari, yang beralamat di RT 009 RW 004 Dusun Ringinsari Desa Sempu, jika anda berkunjung dikawasan wisata Gunung Kelud maupun kawasan wisata Kampoeng Anggrek, atau anda sedang membutuhkan buah alpukat "Mentega kelud" anda bisa menghubungi Bapak Imam Lestari di kontak 081-330-297-610 (/sahrul)

Komentar atas ALPUKAT "MENTEGA KELUD" DARI DESA SEMPU SUDAH MULAI PANEN

Admin Web 21 September 2018 10:38:42 WIB
bisa mas, langsung hubungi saja nomer 081-330-297-610
hadi santosa 20 September 2018 16:22:21 WIB
ingin coba makan alpukat sempu dan ingin kerjasama pemasaran untuk jakarta apa bisa ? salaam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi S E M P U

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, object given

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 209

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ipx

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 211

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISINFO PENGUNGSI BNPB

PRODESKEL

Prodeskel

© 2006-2018 Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang digunakan dalam situs ini dibangun oleh Lumbung Komunitas dari  COMBINE Resource Institution sejak 2009.
Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3