KARTU TANI, INOVASI ALAT TRANSAKSI MODERN UNTUK PETANI

KARTU TANI, INOVASI ALAT TRANSAKSI MODERN UNTUK PETANI

Administrator 26 Januari 2018 08:24:14 WIB

SEMPU (26/01), Perhatian pemerintah pada petani bukan main-main sekarang. Kini meluncur Kartu Tani, sebuah kartu yang hanya bisa dimiliki seorang yang benar-benar petani melalui serangkaian proses verifikasi. Kartu inilah yang bakal dipakai petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Dengan cara ini subsidi pemerintah tak bakal nyasar lagi.

Kartu tani adalah alat transaksi berupa kartu debit sebagaimana kartu ATM yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Dari sisi petani kartu ini bakal memudahkan petani mendapatkan saluran pupuk bersubdisi dan berbagai fasilitas kredit usaha rakyat lainnya. Berbeda dengan fasilitas yang pemerintah yang lain yang seringkali berbelok pada sasaran yang lain, kartu tani tak bakal membuat pemerintah salah sasaran lagi karena untuk mendapatkan kartu ini pemerintah sudah melakukan verifikasi data para calon pemegang kartunya.

Pada Kamis, 25 januari 2018 bertempat di Kantor Desa Sempu pada pukul 09.00 WIB, Pemerintah Desa Sempu menyalurkan Kartu Tani untuk masyrakat Desa Sempu yang sudah terverifikasi sebanyak 811 orang. Didampingi dari pihak Bank BNI serta dikoordinir oleh Kepala Dusun masing-masing warga antusias untuk pengambilan kartu tani tersebut.

Kehadiran kartu ini bakal menjadi langlah besar atau akibat keberpihakan pemerintah pada petani. Selama ini petani lebih sering berada pada posisi yang sangat lemah akibat banyaknya pemain dalam bidang pertanian bermodal besar. Pemerintah membuktikan, pemerintah tidak akan meninggalkan petani berjuang sendirian menghadapi segala tantangan. Selama ini para petani  pula yang harus menanggung biaya yang paling besar sekaligus keuntungan paling kecil.

Berikut kami share manfaat kartu tani :

1. Pemebelian pupuk bersubsisi.

2. Tabungan bank tanpa potongan pajak.

3. Sebagai syarat kredit KUR bank BNI tanpa jaminan bunga 7% / tahun.

4. Semua akses subsidi lewat kartu ini. (sch/)

(source:www.berdesa.com)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi S E M P U

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, object given

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 209

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ipx

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 211

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISINFO PENGUNGSI BNPB

PRODESKEL

Prodeskel

© 2006-2018 Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang digunakan dalam situs ini dibangun oleh Lumbung Komunitas dari  COMBINE Resource Institution sejak 2009.
Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3