Sejarah Desa

Sejarah Desa

Administrator 30 April 2014 06:20:39 WIB

Desa Sempu adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Di desa Sempu mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Desa dibagi menjadi 3 dusun, yakni Dusun Sempu, Dusun Ringinsari, Dusun Sumberpetung. Dari ke 3 pembagian tersebut, masing-masing dusun memiliki sejarah dan asal muasal yang berbeda dan  dusun Sempu lah yang memiliki asal muasal paling tua dibandingkan dengan dusun yang lain. Dengan kearifan lokal para sesepuh pada saat itu ke 3 dusun tersebut dijadikan menjadi satu yaitu Desa Sempu, berikut ini asal muasal desa Sempu .

 Menurut para tetua desa, dahulu kala  Sempu merupakan daerah  belum berpenghuni yang lingkungannya banyak ditumbuhi pepohonan yang lebat dan besar serta memiliki suhu yang dingin. Diawali ole beberapa Keluarga membuka lahan untuk di jadikan tempat pemukiman dan lahan pertanian, seiring dengan berjalannya waktu menjadi suatu kumpulan masyarakat.

Nama desa Sempu sendiri menurut cerita diambil berdasarkan daerah yang dijadikan tempat persembunyian tersebut  memiliki suhu yang dingin sehingga para pelarian tersebut sering mengalami kedinginan/katisen istilah orang Jawa " Bediding ", sejak saat itu untuk menandai hal tersebut diabadikan menjadi tetenger (penanda) untuk menjadi  nama desa  yaitu Pohon Sempu. Berawal dari situlah sebagai bentuk penghargaan pada dusun Sempu yang merupakan cikal bakal berdirinya Desa Sempu kemudian dijadikan nama desa dan pusat pemerintahan berada di dusun Sempu.

Pada masa baru terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Desa Sempu secara adminitrasi masuk kewilayah DesaManggis. Seiring dengan kebijakan dan keputusan dari Pemerintah maka sejak tahun 1970 terbentuklah Desa Sempu yang terbagi menjadi 3 ( tiga ) dusun yaitu dusun Sempu, dusun Ringinsari dan dusun sumberpetung, sedangkan Pemerintahan Desa Sempu sudah mengalami 5 ( lima ) kali pemerintahan yaitu :

  1. Periode 1970 – 1991               Darminto
  2. Periode 1991 – 1999               Jumali
  3. Periode 1999 – 2007               Sutaji ( Pj )
  4. Periode 2008 – 2013               Sugianto

Periode 2013 – Sekarang        Supriyanto ( Pj )

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi S E M P U

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, object given

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 209

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ipx

Filename: partials/side.right.php

Line Number: 211

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

SISINFO PENGUNGSI BNPB

PRODESKEL

Prodeskel

© 2006-2018 Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang digunakan dalam situs ini dibangun oleh Lumbung Komunitas dari  COMBINE Resource Institution sejak 2009.
Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3